Jumat, 30 Desember 2011

my lovely SHS, SMA NEGERI 2 KUNINGAN :*

kampung naga

          Aaaah.. bingung darimana aku harus mulai ceritanya -___- 
SMA NEGERI 2 Kuningan (selanjutnya ditulis: SMANDA). Sekolah dimana aku mengenal banyak orang-orang super dengan mimpi yang luar biasa.
Awalnya aku ga sepenuhnya diizinin masuk ke SMANDA. Setelah keukeuh sampe nangis tujuh hari tujuh malem akhirnya aku diizinin juga, walaupun ga sepenuhnya semua keluarga ngedukung, yang ngedukung penuh cuma ibu, nenek, dan salah satu dari paman-pamanku. No problem! Yang penting aku masuk SMANDA *itulah pikiranku saat itu*. Bagaimana SMANDA? Bagaimana hidupku di sana? Simak yu. Hhe \(^_^)/


1.  Bagaimana SMANDA?
Biasa saja, itu pendapatku kalo orang lain ngasih pendapat SMANDA itu sekolah favorit di Kuningan. Tau kenapa? Karena kenyatannya SMANDA tetaplah SMANDA, hampir sama kaya sekolah SMA pada umumnya yang ada di Kuningan. Jurusan di sekolah kita pun cuma ada 2, IPA & IPS. Ada juga sih kelas aksel dan kelas RSBI (sekolah di kota lain pun banyak yang punya kelas RSBI). Sedikit beda, sekarang SMANDA jadi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Sedih kalo denger RSBI teh, soalnya angkatanku angkatan terakhir yang ada kelas regulernya. Selanjutnya semua kelas disebut kelas RSBI yang penyeleksian masuknya beda sama angkatanku, angkatan RSBI ditest dulu baru dinyatain lulus seleksi masuk, sedangkan angkatanku diseleksi dari nilai UN kemudian setelah dinyatain lulus seleksi masuk baru ditest untuk penempatan kelas. Ya, memang ada yang aksel dan kelas RSBI di angkatanku. Aksel karena memang sudah ada dari sebelumnya, masalah gimana orang-orangnya tentu mereka orang-orang yang menurutku luar biasa. Kelas RSBI yang dimaksud itu kelas yang anak-anaknya itu-ituuuuuuuuuu aja (X1, XI IPA 1, XII IPA 1), 3 tahun mereka sekelas karena mereka itu orang-orang terpilih yang katanya hasil testnya lebih tinggi dari kelas reguler jadi bahasa Inggris di kelas itu lebih unggul dari kelas reguler, KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum)nya pun jelas lebih tinggi dari kelas reguler. Tapi kelas bukanlah perbedaan, IQ-pun bukan hambatan. Toh memang pada dasarnya balik lagi sama siswa tersebut, gimana cara dia ngolah kemampuan yang dia miliki.
2.  SMANDA? Ada apa aja?
Wowowowowowowowo... aku ga bisa jelasin secara detail. Yang pasti  ada:
-     Kantor guru, yang selalu ramai setiap harinya, terlebih kalo musim ulangan umum (sebelum atau sesudah ulangan umum. Alasan: nyari nilai & remednya apa).
-     Kantor kepala sekolah, pastinya ini bukan tempat belajar siswa tapi tempat pak kepsek berkutat sama tugasnya.
-     Kelas, aku lupa ada berapa kelas disana, karena setiap tahunnya kelas bertambah. Kelasnya beda-beda, ada yang masih pake ubin, ada juga yang udah pake keramik.
-     Masjid, yayaya.. Masjid Al-Ihsan sebutannya. Selain tempat shalat, masjid jadi tempat teraman buat ngusir bosan, tempat berlindung kalo hujan dateng dan ga sempet pulang, tempat ngerjain tugas-tugas yang bejibun, de el el. Di depannya ada kolam dengan air mancur yang kadang nyala kadang ngga, selain itu ada juga ikan yang berkecimpung di sana. Kolam ini merupakan tempat wajib buat yang ulang tahun, wajib diceburin maksudnya -.-
-     Laboratorium, lab. apa? Ada lab. Komputer, lab. Bahasa, lab. Biologi, lab. Kimia, lab. Fisika. Sayangnya ga ada lab. geografi ataupun ekonomi. Tanya kenapa? Kenapa tanya? -_-
-     Perpustakaan, denger kata yang satu ini otakku langsung bilang ‘pojok, gelap, banyak buku, dan bu wasis’. Pojok, karena tempatnya emang dipojok sekolah. Gelap, ya gelap kalo lampunya ga dinyalain, hieum kalo kata sundanya mahBanyak buku, yaiyalah namanya juga perpus jelas banyak buku, tapi buku jadul di perpusku juga ga kalah banyaknya lhoo sama buku yang lain.. dari Adzab dan Sengsara sampai Siti Nurbaya ada di sana, mungkin ini alasen guru matpel bahasa Indonesia betah ngajak siswa ke perpus. Bu wasis, ini nama ibu penjaga perpus yang setia banget sama buku-buku yang tinggal di perpus.
-     Kantin & kopsis, ini nih tempat ngisi perut kosong yang paling pas. Pokonya kalo istirahat siswa yang tadinya di kelas pindah ke kedua tempat ini. Dari makanan ringan sampe makan berat ada di sana, dari nasi sampe cimol juga ada. Ada bi juju & bibi pinggir *aku lupa namanya* yg selalu siap ngasih mie pesenan siswa *jadi inget, pernah ada yang pesen mie empal gentong 2, tapi bilangnya: “bi, pengen empal 2 gentong 1” :D*, ada mang kabul sama baksonya, ada mang siomay, ada mang bubur, ada bibi lotek, ada ada....
-     Kampung naga, disebut kampung naga karena emang ada patung ‘naga yang mau makan singa’. aneh dan ga tau apa maksud patung tersebut. Tapi justru jadi ciri khas tersendiri, soalnya ada di wilayah ini rasanya adem gimana gitu, beda sama kelas yang bangunan-bangunannya baru (kota disebutnya).
-     Masih ada tempat-tempat lainnya: ada WC alias tolilet, ada lapangan olahraga yang multifungsi sekalian lapangan upacara bendera ataupun pramuka, ada camp smandarikal, ada parkiran yang canophynya sempet roboh, ada green house-green housean, dan lain-lain.
3.  Bagaimana rasanya sekolah di SMANDA?
Luar biasa, jawabanku itu. Karena memang ada feel tersendiri yang susah diungkapin pake kata-kata setelah aku jadi salah satu siswa di sekolah yang ada kampung naganya ini.
4.  Antara Tugas, Ulangan Harian, dan Remedial
Huahhhh... 3 hal wajib yang selalu nemenin semua siswa SMANDA. Tugas, karena setiap guru kalo ngasih tugas tuh ga nanggung-nanggung bikin siswa jungkir balik buat ngerjain tugas-tugas tersebut. Ulangan harian, namanya juga ulangan harian jadi adaaaaaaaa aja ulangan hampir setiap harinya, bahkan kadang dalam sehari itu semua mata pelajaran diulanganin, bikin mata ga berbentuk di pagi hari *ga tau karena belajar atau maen game semaleman yang bikin mata ga berbentuk*. Remedial, ada ulangan harian pasti ada remedial. Ga tau kita semua yang terlalu pinter atau gurunya yang salah ngasih soal remedial itu jadi hal wajib kalo nilai kita ga sesuai KKM, sampe-sampe kadang ada yang namanya remedial berjamaah (sekelas remedial semua) keren banget kaan? :D. Jadi kalo denger kata remedial biasa aja, kecuali kalo yang remedial cuma beberapa orang dan kita salah satunya baru ngerasa aneh, aneh karena beda sama yang lain. Oia, ada kata-kata khusus buat siswa SMANDA: “bukan siswa SMANDA namanya kalo ga ngerasain remedial”. Nahhh... 3 hal wajib itu ternyata bikin sesuatu berubah dalam diri aku? Apa itu? Itu apa? Kalo ketemu orang, mereka bilang aku jadi kurusan. Padahal belum tentu juga sih aku kurus karena 3 hal wajib tersebut. Hhe ^_^
5.  Ibu Bapak Guruku Hebat
Yayayaya kalimat singkat tersebut cukup ngewakilin curahan hati aku dalam  tugas, ulangan harian ataupun remedial. Hebat deh, hebat banget. Aku bisa bener-bener ngerasain hasilnya setelah aku kuliah.
6.  X.3
Awal sekolah di SMANDA aku dapet kelas X.3, MITASS COMMUNITY namanya. Aku juga ga tau itu apa artinya -.-. wali kelasku itu guru mata pelajaran matematika yang sabarnya minta ampun. Ya sabar, sabar walaupun kita kadang ga ngerti-ngerti sama mata pelajaran yang satu ini. Yeahhh, masih inget banget tugas pertamaku di SMANDA itu persentasi mata pelajaran ekonomi di X.3, daaaaaaaaaan dapet komentar a-i-u-e-o dari sang guru. Maklumlah  pertama kali persentasi ‘--. Selanjutnya tugas-tugas lainpun berdatangan. Hampir setiap harinya kita ga pernah lepas dari yang namanya tugas, ulangan harian atau remedial. Dua semester dilalui dengan ranking yang bisa dibilang aneh. Aneh karena aku ga bisa jawab kenapa. *apasih? >.<. Akhirnya setelah keputusan guru di semester dua aku dinyatain masuk kelas IPA. Inget banget nilai geografiku saat itu ancur walaupun ga sampe lebur.
7.  XI IPA 2
Eh, aku tuh aslinya emang bukan XI IPA 2. Awalnya dapet XI IPA 5, karena bisa pindah kelas, aku buru-buru minta pindah ke kelas yang akhirnya dinamain SENSATION ini, lagi-lagi aku lupa singkatannya. Malah yang aku inget Association of Southeast Asian Nation kalo ada yang nanya apa singkatannya *ga nyambung banget kaan, tiba-tiba inget ASEAN gitu -.-. Masalah kenapa aku pindah kelas itu privasi. Hhe :). Wali kelas di kelas kita guru mata pelajaran fisika yang baiiik banget. Kok disebut baik? Karena nilai fisika (yang pasti diremedial) atau ranking kami selalu beliau pampang di blog tercintanya. Jadi kalo ada yang nge-search nama aku digoogle pasti muncul juga hasil remedial fisika lengap sama tugas remedialnya yang bikin dada nyesek *lagian siapa lagi yang mau nge-search -___-
8.  XII IPA 2
Naah kalo disini emang original banget, aku dapet kelas itu langsung aku terima dengan senang hati. Nama kelasnya? Ga tau aku juga, soalnya waktu itu aku ga ikut buka bersama sekalian ngenamain kelas dengan alasan aku sakit. Selanjutnya ini kelas seolah tanpa nama, tapi aku pikir nama kelas kita itu PANEN PARE. Lho? Ya, di modul matematika itu namananya, katanya sih akronim dari PAsukaN kerEN PAk REndra *berasa alayers nulis gitu*. Pa Rendra itu wali kelas kita, beliau ngajar Kimia. Wiih dari CO2 sampe C6H12O6 pasti kita hafal banget deh rumus-rumusnya, saking hafalnya remedialpun jadi hal biasa. Hihi.. *sstt.. itu rumus yang masih nempel di otak aku sampe saat ini, sisanya ga tau kemana diganti sama  Yd = Y-T dan sejenisnya mungkin ^_^
9.  Nyesel ga masuk SMANDA?
Jawabannya? Mmm.. dari segi apa dulu. Kalo dari segi kualitas aku ga nyesel, bersyukur malah bisa masuk SMANDA dan menjadi bagian dari SMANDA. Tapi kalo dari segi ‘yang lain’ aku sedikit nyesel. Nyesel ga nyesel intinya aku udah lulus dari SMANDA dengan nilai yang tak ternilai ^^
10.      Ada cinta di SMANDA?
Nanggepin pertanyaan yang satu ini bikin aku senyum tipis setipis-tipisnya :) Aku punya cinta di SMANDA, ya dan hanya satu kali aku bener-bener ngerasa mencintai dan dicintai sama salah satu lawan jenis di kampung naga, jangan tanya itu siapa karena aku ga bakal ngejawab :D *siapa juga yg mau nanya? /(_._)\
11.      Last, but No Least: Orang-orang Super SMANDA
Banyak banget nih orang-orang super yang bikin aku kagum dan bersyukur ada diantara mereka waktu aku di SMANDA. Especially, my best friends yang ga bosen-bosennya bikin hidup aku kaya es campur. Es campur yang kadang manis dengan gula yang pas atau es campur yang kadang kurang manis karena gulanya kehabisan. Canda, tawa, tangis, duka, bahagia, kecewa itu jadi bumbu-bumbu istimewa yang bikin aku ngerasa jadi gimanaaa gitu, susah deh diungkapin sama kata-kata ^_^ aku sayang mereka, aku sayang mereka, aku sayang mereka :*

Yeah, that’s about my lovely SHS, SMANDA. How about you? ^_^

4 komentar:

its mine mengatakan...

kangen smanda :)

its mine mengatakan...

jadi kangen smanda :)

Fauzy Husni mengatakan...

Wah cerita tentang SMANDA-nya bagus banget teh. Btw, saya juga blogger yang anak SMANDA. Cerita smanda di blog saya jauh lebih banyak lho teh, kunjungi simambahitam.blogspot.com teh.... Hehehehe

Unknown mengatakan...

Smanda is The Best Place , Salam ti Senior 93

Popular Posts

followers ;)