Selasa, 14 Februari 2012

STEI TAZKIA


                  Lulus dari SMANDA aku memilih (dipilihkan tepatnya) TAZKIA, STEI TAZKIA. Jadi tahun pertama ini aku ada di STEI TAZKIA. STEI itu kepanjangan dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam, ya walaupun kadang masih ada yang salah kalo ngomong STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) karena cuma beda letak E sama Inya aja.
            Tazkia? Cantik, itu satu komentarku waktu denger nama itu. Ga tau diliat dari segi apa sampe aku bilang cantik, mungkin karena akhwatnya cantik-cantik ya? Hehe.
Bingung nih mau nge-share apa tentang Tazkia. Ya pokoknya kalo mau lebih lanjut tentang Tazkia bisa liat di sini ^^
Sekarang, karena aku baru tahun pertama ngerasain Tazkia, aku bakal share aja kehidupan asramanya. ok, let’s read! ;)
1.      Darmaga atau Dramaga?
Yuhuuu.. aku bingung sama ini kampus, kalo main campusnya udah jelas di Sentul City, tapi matriculation campusnya yang bikin galau *lho? Pertama aku check, lupa tanggal berapa, aku nyari-nyari alamatnya gitu, bingung ngebedain antara Darmaga dan Dramaga. Takutnya kan dapet alamat palsu, malu juga kalo harus nyanyi-nyanyi (adudu ngaco deh —‘). Ya pokoknya Darmaga atau Darmaga letak kampus matrikulasi yang jelas letaknya ada di Bogor aja, sebelum IPB :D


2.      Malam Pertama di Asrma
Aku dateng ke kampus matrikulasi tanggal 9 september 2011, pake atasan orange, kerudung kuning aga cream, sama rok kuning aga cream bunga-bunga, kontras emang sama kulit aku yang sawo mentah mau mateng. Hhe. Setelah selesai registrasi (dateng telat, isya baru kelar registrasi) aku langsung beresin barang-barang di asrama, abis itu ditinggalin  mamah, de faqih, kakak, uwa, sama segudang paman aku yang super :D. Alhamdulillah ga nangis galau. Cuma biasa, update status: malam pertama di asrama, semoga blablabla. Malam pertama itu aku langsung kenalan sama tiga temen kamar yang wajahnya polos-polos gimana gitu. Haha.
awal-awal di asrama bareng virla, dita, & iyan
3.      Al-Maqrizi 16
Itu nama kamarku di asrama. Kamarnya itu di atas, paling pojok, paling deket tangga ruang makan, bisa liat jemuran akhwat maupun jemuran ikhwan yang bikin  istighfar #eh. Di kamar ini aku sekamar sama Dita, Virla, & Iyan.
iyan & virla di kebun raya :D
Dita: Adita Dyah Asokawati nama lengkapnya, akhwat putih berkacamata yang diem, tapi ternyata setelah beberapa bulan sekamar aku tau gilanya dia. Hhe. Dia itu akhwat pertama di asrama yang bantuin aku beresin tempat tidur, baik kaan? ;). Tapi dia juga akhwat pertama di asrama yang aku tau sifat anehnya. He, sorry Dit. Kata-kata yang paling sering  dia ucapin kalo punya waktu senggang itu: I have a chance to blablabla (blablablanya rahasia, soalnya menyangkut harga diri *lho?)
Virla: Revirla Indradireja, eh salah. Itu namanya fbnya, kalo aslinya sih Revirla Nur Putria. “Bagus i namanya, girly” itu komentar aku tentang namanya, tapi setelah aku denger cerita waktu dia SD jadi ragu nama itu girly atau ngga. He. Dia itu asli Bogor, makanya seminggu aku di Bogor aku sama yang lain diajak ke Kebun Raya Bogor, ceritanya sih ngenalin wilayah gitu ;). Dia itu mirip ibunya, cantik. He. (jangan terbang vir –-‘). Dia juga itu akhwat pertama di asrama yang ngasih saran cara ngadepin ‘sesuatu yang harusnya ga usah dipikirin’ (apa coba?) -__-. Intinya gitu deh, baik pokonya :D
Iyan: Nurhidayani, simple yah namanya. Aku kira dia orang sunda, manis gitu tampangnya (jangan terbang yan -.-). Tapi eh tapi, ternyata dia orang Padang. Bahasa Padang pertama yang dia ajarain buat aku sama Virla itu: kethek. Ngakak abis aku sama virla denger kata itu. Hha. Artinya cari aja di di google translate yah. Dia itu akhwat pertama yang ngajarin cara agar tempat tidur tetep rapih. Baik juga kan? Hhe..
Kita (Aku, Dita, Virla, Iyan) punya kesamaan, kita sama-sama pake kacamata. Ckck kamar berkacamata ‘--. Kita kecuali Iyan kan permanen tuh pake kacamatanya, punya kebiasaan jelek kalo abis shalat jama’ah: nyari kacamata karena lupa naro waktu mau wudhu -__-
4.      Ikhwan Akhwat
Ecieee.. aku jadi terbiasa ngomong ini setelah masuk Tazkia, biasanya kan cowo cewe :D. Tapi bukan masalah ngomongnya aja yang harus aku biasain, aku harus terbiasa ga negur apalagi ngombrol sama cowo kalo ada di Tazkia, kelas aja sampe dipisah gitu, ribet deh, garing juga, apa-apa serba dipisah. Dari kelas, jam perpus, lapangan olahraga, kegiatan, Cuma jembatan doang yang ga dipisah -___-. Untungnya aku bisa nyesuain, jadi ya lama-lama biasa ^_^ mungkin cuma di matrikulasi aja kaya gininya. he
5.      Kelas B dan Kelas C
beberapa anak kelas B
Satu semester aku dapet kelas EIP (English Intensive Program) di kelas B. Kelas B itu... ya gitu.. seru, orangnya baik-baik, ada juga yang gokil-gokil bikin ketawa sampe sakit perut. Selama di kelas B, hal ‘baik’ yang ga ketinggalan kalo kuliah lagi bete itu tidur. Hhe. Abisnya dosennya kadang bikin ga ngerti, jadi daripada sama sekali ga ngerti mending tidur kan. He. Awal masuk kelas ini bawaannya emang ngantuk terus, tapi setelah aku tau jadwal aku mulai ngatur waktu, jadi acara ngantuk di kelas lumayan berkurang.
Semester dua ini aku dapet kelas C buat AIP (Arabic Intensive Program). Kelas C.. ya gitu juga.. aku belum tau, soalnya kan baru. Tapi bau-baunya nyenengin sih. Semoga yah.. Amin ^^
6.      Ehm.. shalat jama’ah, tahfidz, tahsin, ta’lim, tahajud, puasa, dhuha -__-
Ya. Tujuh kegiatan itu awalanya ringan-ringan berat gimana gitu.
Shalat jama’ah: Masa sih shalat diabsen? Ga fair doong. Allah aja ga nyuruh buat ngabsen shalat kita, cuma nyuruh kita shalat lima waktu #bedatipis -.-.  hya! Awalnya emang ngeluh-ngeluh aja, males juga kan kalo lagi enak-enak tiduran apalagi sambil ol trus ada yang teriak “akhwaaaat jama’ah yu”. Mau ga mau akhirnya langsung ke kamar mandi buat ambil wudhu. Tapi aku selalu punya komitmen: kalo aku laper itu makan, ya makan. bukan jama’ah. Apalagi kalo buka puasa, aku lebih ikhlas absen aku di(-) atau ditulis m (karena masbuk) daripada aku harus nahan laper. Hhe.
Tahfidz: denger kata ini itu rasanya ngantuuuuuuuuk banget. Gimana ga ngantuk, shubuh-shubuh abis shalat disuruh ngapalin gitu. Yang udah hafal sih enak, lah aku? Cuma modal bisa baca Al-Quran doang jelas harus ngapalin dari awal, ngejar setoran kaya mang angkot *jadi ga nyambung gini*. Salut banget deh buat mereka yang udah hafal beberapa juz, atau yang hafidzah (itu kan sebutannya? —‘)
Tahsin: ini nih, belajar tajwid tepatnya. Walaupun kadang sama malesnya kaya tahfidz tapi aku selalu usahain buat dateng, soalnya masih ada tajwid yang aku belum faham, tajwid yang daleeem gitu (emang sumur pake acara dalem-daleman?)
Ta’lim: seminggu itu dua kali, dengerin ceramah gitu. Tapi yang bikin aku sedih kalo ta’lim trus yang ngomong bahasa arab, sedih sesedih sedihnya karena ga ngerti. Yang aku tau paling la la la, na’am na’am na’am (berasa nyanyi).
Tahajud: ini sih urusan hati. Adem banget kalo udah tahajud, percaya deh. Allah emang Maha Penenang (^o^). Biasanya sebelum tidur tinggal minta bangunin sama Allah jam berapa, trus bangun deh. Soalnya kalo aku pasang alarm di hape, aku ga suka denger, tapi kalo alarm tetangga atau alarmya Dita sama Virla selalu aku yang matiin, ga  tau salahnya dimana (-__-)
Puasa: jujur aja, aslinya aku males banget pas awal-awal kudu puasa di hari kamis sampe ga disediain makan siang, cuma lama-lama bisa ko asal Lillahi ta’ala  niatnya. He
Dhuha: ini bukan salah satu kagiatan yang ada dari tazkia sih, jadi pembina ga ikut turun tangan. Tapi di proker BIMM ada, jadi tiap orang tanda tangan kalo udah shalat dhuha. Tapi aku males kalo harus tanda tangan, alesan: shalat bukan karena absen :D
Keenam kegiatan itu (shalat jama’ah, tahfidz, tahsin, ta’lim, tahajud, puasa) ribet banget soalnya harus diabsen segala sih  (itu komentar aku pas wal-awal). Hasil dari absen tersebut tiap bulannya dipampang di akademik. Hadudu.. nyangkut harga diri nih *lho? Yaiyalah, nama kita jelas banget plus skor kita tiap bulannya. Sebenernya bisa aja absen dibagus-bagusin, kita tinggal bohong sama pembina kalo ditanya puasa atau tahajud ngga, sayangnya aku ga berani kalo nyangkut ibadah sama Allah. ya kan?? ^,^
7.      BIMM
BIMM akhwat

Kaya mau naik mobil yah.. bimm bimm bimm /(^.^)/ BIMM ini singkatan dari Badan Independen Mahasiswa Matrikulasi. Tugasnya? Ya menjalankan tugasnya *ga nyambung*. Pokonya gitu deh, ini organisasi Mahasiswa Matrikulasi. Jadi Cuma ada di matrikulasi doang, kalo udah pindah ke Sentul ga ada, gantinya sama BEM.
Di BIMM ini aku diamanatin buat ngejaga amanat bareng Dina, Anjar, Salis, sama mba Wiwi. dibawah pengawasan bu mentri, Husnul *aduh aku pusing, ga nyambung jadinya*.  Pokonya gitu deh, lagi males cerita lengkap. Hhe
8.      Yang LUAR BIASA
Ya, LUAR BIASA. Aku menganggap itu luar biasa karena aku dipertemukan dengan orang-orang yang SUBHANALLAH banget deh. Aku ga mungkin sebutin nama mereka satu persatu, tapi aku bersyukur dipertemukan Allah dengan mereka. Mereka yang membagi ceritanya, mereka menceritakan alasannya, mereka dengan kelebihannya, mereka dengan semangatnya. Ya mereka. Mereka yang kadang mengingatkanku dengan keputusan 6-7 tahun lalu *miris*.  Makasih buat mereka ^0^
Itu sedikit tentang TAZKIAnya. Ada sih beberapa cerita yang beluma aku tulis, cuma ga tau kenapa ini bawaannya lemes. Jadi cuma segini deh :D
Semoga Lebih Baik. Amiin(^.^)

4 komentar:

NUR MUCHAMAD mengatakan...

ihiiiy, template baru euy :P
semangat kuliahnya, mbaeee :D

eva mengatakan...

yoaaa :D
pastii.. yu semangat yuu ;)

Unknown mengatakan...

Cerita yg lucuuu n bermanfaat

Anonim mengatakan...

maaf kak kalau smart test itu kaya gimana ya? makasih sebelumnya

Popular Posts

followers ;)